Ragam Jenis Konektor Fiber Optik

Seperti yang kita ketahui bahwa pada ujung kabel jaringan dibutuhkan sebuah konektor untuk membentuk sebuah jaringan yang baik. Namun berbeda halnya dengan jenis kabel jaringan yang lain, yang hanya memiliki satu jenis konektor. Contoh kabel coaxial memiliki konektor BNC dan kabel UTP memiliki konekter RJ 45 atau RJ 11. Sementara serat optik (kabel fiber optik) memiliki banyak jenis konektor yang beragam.

Ragam Konektor FO
Gambar 1 ragam konektor FO

Jenis-jenis dari konektor kabel fiber optic ini tersedia dalam beberapa bentuk yang berbeda-beda tergantung kebutuhan implementasinya, dimana biasanya memiliki tipe standar seperti berikut ini:

A. Jenis-Jenis Konektor Tipe Standar

  1. FC (Fiber Connector): digunakan untuk model kabel single-mode dengan akurasi yang sangat tinggi dalam menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver. Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat lain, akurasinya tidak akan mudah berubah.
    Konektor FC
    Gambar 2 konektor FC

  2. SC (Subsciber Connector): digunakan untuk model kabel single-mode, dengan sistem dicabut-pasang. Konektor ini tidak terlalu mahal, simpel, dan dapat diatur secara manual serta akurasinya baik bila dipasangkan ke perangkat lain. 
    konektor SC
    Gambar 3. konektor SC

  3. ST (Straight Tip): bentuknya seperti bayonet berkunci hampir mirip dengan konektor BNC. Sangat umum digunakan baik untuk kabel multi mode maupun single mode. Sangat mudah digunakan baik dipasang maupun dicabut. 
    konektor ST
    Gambar 4. konektor ST

  4. Biconic: Salah satu konektor yang kali pertama muncul dalam komunikasi fiber optik. Saat ini sangat jarang digunakan. 
    BICONIC
    Gambar 5. Konektor BICONIC

  5. D4: konektor ini hampir mirip dengan FC hanya berbeda ukurannya saja. Perbedaannya sekitar 2 mm pada bagian ferrule-nya. 
    D4
    Gambar 6. konektor D4

  6. SMA: konektor ini merupakan pendahulu dari konektor ST yang sama-sama menggunakan penutup dan pelindung. Namun seiring dengan berkembangnya ST konektor, maka konektor ini sudah tidak berkembang lagi penggunaannya. 
    SMA
    Gambar 7. konektor SMA

  7. E200 

B. Jenis-Jenis Konektor Tipe Kecil

  1. LC
  2. SMU
  3. SC-DC
Sekian dulu artikel hari ini. Akhir kata saya berdoa mudah-mudahan artikelnya bermanfaat, sampai jumpa!

Post a Comment

0 Comments